Home Berita Habib Luthfi : Jangan Sampai Bangsa Ini Kepaten Obor

Habib Luthfi : Jangan Sampai Bangsa Ini Kepaten Obor

137
0

Kaligangsa, Portal NUBrebes

Maulana Habib Luthfi bin Ali Yahya mengkhawatirkan bangsa ini kepaten obor yang lambat laun akan mengakibatkan bangsa ini melupakan jati dirinya.

“Dimana pun dan kapan pun, saya selalu mengingatkan betapa pentingnya menggelar Maulid Nabi, perkara Haul juga penting, Kita sangat khawatir umat atau bangsa ini kepaten obor, kalau sudah kepaten obor, lambat atau cepat kita akan kehilangan jatidiri selaku umat atau bangsa,” tegasnya saat menyampaikan mauidzah hasanah dalam Maulid Nabi Muhammad SAW & Haul KH.Anwar Bin Kyai Munawar Kaligangsa di Masjid Al-Munawaroh Kaligangsa, Brebes, Selasa (8/1) malam.

Habib Luthfi menegaskan perlunya menggelar acara maulid adalah untuk meningkatkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad, sebagai tanda cinta kepada Nabi kita juga harus cinta pada keluarga, Sahabat dan para pewaris Nabi. Beliau juga merasa prihatin jika maulid sudang jarang dibaca dalam acara haul, apalagi kita juga kehilangan banyak sekali sejarah-sejarah ulama, namanya tidak lupa tapi sejarah hidupnya banyak dilupakan.

“sejarah ulama kita banyak yang hilang. Namanya tidak hilang, tapi riwayat hidupnya hampir hilang, contohnya banyak orang yang merayakan haul Mbah itu mbah ini, wali itu wali ini, tapi ketika ditanya bagaimana sejarah dan riwayat hidup mereka, jawabnya selalu pakai jarene atau ndean, selain itu tidak ada” ujar Habib Lutfhi .

Habib Luthfi juga mengingatkan perlunya kaum muda anak muda harus mencatat dan mempelajari sejarah bangsa. dengan mempelajari sejarah diharapkan generasi muda akan menghormati para leluhurnya sebagai cikal bangsa, beliau juga mengutip sebuah hadits yang mengatakan bahwa menutur riwayat orang-orang sholeh akan menjadikan turunnya rahmat.

“menutur riwayat orang sholeh saja sudah turun rahmat, bagaimana jika yang dituturkan itu riwayatnya Nabi Muhammad, jika sebuah kaum sudah jauh dari ulama maka akan diangkat keberkahannya, itu baru ulama, bagaimana lagi jika kita jauh dari Nabi Muhammad”. tegas Habib Luthfi

“inilah gunanya mempertahan keberkahan dengan melalui washilah penyelenggaraan Maulid dan Haul-haul para pewaris Nabi.” jelasnya.

Acara Maulid Nabi Muhammad SAW & Haul KH. Anwar Bin Kyai Munawar Kaligangsa yang secara rutin diselenggarakan oleh TNI, POLRI, DPRD Brebes dan Masyarakat Desa Kaligangsa ini dihadiri pula oleh Al Habib Abdullah Bin Haddad Al Haddad, Al Habib Ali Zaenal Abidin Bin Hasan Al Athas, KH. Subkhan Ma’mun, KH. Dirjo dan segenap pengurus PC & MWC NU Brebes. (Faqih Kumbang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here