Home Hikmah Sedekah Separo Buah Kurma Menjadi Ahli Surga

Sedekah Separo Buah Kurma Menjadi Ahli Surga

97
0

 

Ditengah-tengah ngaji Ihya, Rabu 30 Januari 2019. KH Subhan Makmun bercerita tentang dahsyatnya sedakah yang dapat merubah seorang yang dicap ahli neraka menjadi Ahli surga.

Diceritakan, bawa Siti Aisyah, pernah memiliki budak seorang kafir. Namun tidak beberapa lama, turun wahyu kepada Rasulullah, untuk melepaskan budak kafir tersebut.

Dikarenakan keberadaan budak kafir dalam kehidupan rumah tangga Rasulullah, dikhawatirkan banyak bahayanya. Seperti akan menimbulkan terjadinya fitnah dan budak tersebut sudah dicap ahli neraka.

Karena Rasulullah melihat Siti Aisyah sangat senang dengan budak yang baru dimilikinya. Maka dengan rasa berat Rasulullah menyampaikan kepada Aisyah untuk melepaskan budaknya, dengan cara yang halus untuk menjaga perasaannya.

Karena ini perintah suami, seorang Rasul yang baru mendapat perintah dari Allah SWT. Maka Aisyah tidak bisa menolak. Dengan rasa iba, Aisyah terpaksa melepaskannya.

Sebelum budak tersebut meninggalkan rumahnya, Aisyah mencari makanan di dalam bejana penyimpanan makanan, barang kali ada makanan yang bisa diberikan untuk bekal. Ternyata Aisyah menemukan kurma yang masih tersisa, dan diberikanlah kurma tersebut untuk bekal di jalan.

Dalam perjalanan, setelah budak tersebut keluar dari rumah Aisyah. Tiba-tiba terdengar suara orang miskin yang sedang meminta-minta karena kelaparan.

Sifat menolong sebagai sesama manusia muncul karena tidak kuat melihat orang kelaparan. Walaupun dirinya seorang budak yang sedang sedih setelah disuruh pergi majikannya dan ketidakjelasan majikan siapa lagi yang akan dimilikinya. Ia berikan separuh dari satu biji kurma yang dimilikinya kepada peminta minta. Kurma itu adalah sisa kurma yang digunakan untuk mengganjal perutnya selama perjalanan.

Inilah sifat kedermawanan yang dimiliki seorang budak. Sepertinya sedikit sekali manusia yang mau melakukan hal tersebut.

Setelah budak memberikan separuh buah dari sebiji kurma yang dimilikinya untuk orang lain yang kelaparan, saat itu pula, Malaikat Jibril meminta kepada Nabi Muhammad untuk mencari budak tersebut agar kembali ke rumahnya lagi atas perintah Allah.

Hikmah yang dapat diambil dari peristiwa ini adalah; bahwa prilaku bersedakah walau sekecil apapun, dapat mengubah seorang yang awalnya adalah ahli neraka, dengan rahmat Allah dapat menjadi penghuni surga. Sebab sodakohlah ia telah terlindungi dari api neraka.

Sebagaimana Nabi bersabda:

اِتَّقُوْا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ

“Berlindunglah kalian dari api neraka walaupun dengan separuh kurma” (Muttafaq ‘Alaih)

Cukuplah hadist di atas menjadi peringatan bagi kita, untuk bersikap dermawan terhadap apa yang dimiliki, walaupun hanya sedikit. Ternyata yang sedikit menurut kita, namun menurut Allah, yang sedikit akan dapat menyelamatkan dari api neraka. Maka bersedekahlah meski sedikit, agar dapat terselamatkan dari api neraka. Amin.. Wallahu ‘alam bishowab. (Luqman Nur Hakim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here